Cooling Fan Radiator CBR250R

Image2019-10-01 at 16.37.08

Petang hari Jumat hari lalu saat berkendara CBR250R di keramaian lalu lintas, tak disengaja saya melihat ke panel indikator temperatur motor saya.

Hampir tak percaya, tampak 5 bar -tanda temperatur mesin motor saya cenderung tinggi dibanding biasanya hanya 3 bar.

Saya berusaha untuk meredam panas mesin dengan cara melajukan motor agak kencang saat jalanan lenggang, lalu gas saya kendurkan lagi untuk turunkan putaran mesin rendah – dan saya tekan kopling, agar radiator dapat tiupan angin kencang untuk mendinginkan. Hal ini lumayan manfaat saat situasi ‘darurat’. Tapi saat sudah 6 bar, saya langsung cari tempat aman untuk berhenti dan istirahat menunggu sampai mesin dingin.

Saya jadi teringat, sejak minggu lalu saat saya perhatikan ketika pagi hari akan parkir di kantor, cooling fan saya tidak menunjukan tanda2 berputar. Saya menyangka sistem pendinginan mesin saya makin bagus. Ternyata dinamo/motor penggerak cooling fan motor saya sudah rusak dan harus segera diganti.

Beli spare part Cooling Fan/Dinamo Kipas Radiator CBR250R dimana ya?

Karena menghadapi masalah di atas ini, saya jadi berusaha beli Cooling Fan secara offline dan online.

Saya datangi beberapa bengkel resmi, tapi sayang tidak ada yang ready stock spare part ini.

Saat ke salah satu bengkel , saya iseng tanya teknisinya, biasanya kemana ya beli spare part kayak gini? Dikasih petunjuk ke pusat spare part di seberang sebuah rumah sakit di Jl Dewi Sartika, Tapi sebelum sampai di tujuan, saya mampir lagi di bengkel resmi yang agak besar. Di sana saya dibantu karyawan bagian spare-part telpon cek stok, ternyata dia tanya stoknya ke pusat spare-part yang akan saya kunjungi. Tapi sayang, stok kosong. Di sana saya coba tanya lagi dimana lagi ada toko spare part agak lengkap? Dikasih petunjuk di dekat stasiun pasar minggu ada toko spare part besar. Saya langsung ke lokasi, tapi juga sedang kosong stoknya.

Saya sempat mampir lagi di bengkel resmi yang saya lewati, dan teknisi mengingatkan saya agar sebaiknya tidak mengendarai motor saya sebelum ganti cooling fan radiator sebab jika sampai over-heat dan turun mesin, spare-part motor ini sepertinya tidak ready-stock dan harus indent.

Sampai di kantor, saya lanjutkan googling mencari info tentang spare-part ini, pengalaman orang lain, dan cari tokoonline yang menjualnya. Saya periksa satu-persatu lalu saya chat dengan beberapa pedagang.

Puji syukur akhirnya saya cocok dan deal ke salah satu toko sebab konfirmasi ada stoknya, membaca bahwa toko ini sudah buka sejak 15th lalu. Lalu pulang kantor sayapun langsung meluncur ke sana dan langsung minta dipasang. Senang akhirnya cooling fan sudah diganti yang baru dan sebelum ditutup cover body, saya minta diuji dulu kipasnya berfungsi baik.

Ini saya sharing Link toko/bengkelnya: Toko spare-part motor di Jakarta Barat

Lega rasanya kendaraan sehari-hari untuk pulang-pergi kerja sudah normal lagi.

Mudah-mudahan awet dan handal spare part yang ini.

Semoga bermanfaat sharing saya ini khususnya buat teman-teman pengendara CBR250R.

Link terkait:

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s