Lajulah Kereta Api’ku


Pernah sekali aku pergi
Dari jakarta ke surabaya
Untuk menengok nenek disana
Mengendarai kereta malam

Kumelihat kiri kanan
Oh indahnya pemandangan

…”

Di atas adalah petikan lirik lagu Kereta Malam.

Wahai suatu hari nanti …
naik “Shinkansen” kecepatan 300 km/jam (186 mph),
top speed 581 km/jam (361 mph),
dari Jakarta ke Surabaya akan ditempuh 3,5 jam …

🙂

dsc_0581Fastest-train-Shinkansen

Pusta Hery Kurnia

Sejarah kereta api di Indonesia dimulai sejak 17 Juni 1864, ketika dimulai pembangunan rel kereta api antara Kamijen (Semarang Timur) dan Tanggung (Grobogan, Jawa Tengah). Rel ini baru digunakan tiga tahun kemudian. Tetapi, kenapa Hari Kereta Api Indonesia jatuh pada 28 September? Selama penjajahan Belanda dan Jepang kereta api dikuasai mereka. Baru ketika Indonesia merdeka, para pekerja kereta api mengambil alih penguasaan pengoperasiannya dari Jepang. Pengambilalihan kekuasaan itu terjadi pada 28 September 1945.

Pusta Hery Kurnia - kai

Tahun ini, kereta api Indonesia berusia 69 tahun. Ada banyak perubahan yang signifikan terutama sejak PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) dikomandoi Ignasius Jonan. Di bawahnya, pembenahan dilakukan. Yang paling nyata adalah, naik kereta kini jauh lebih nyaman. Tak ada lagi penumpang berdiri di kereta jarak jauh karena tak kebagian tempat duduk. Seperti apa perubahan yang dilakukan Jonan? Beberapa waktu lalu Majalah LuarBiasa mewawancarai Ignasius Jonan, Dirut PT Kereta Api Indonesia (KAI). Berikut petikannya:

Majalah LuarBiasa : Perubahan kereta…

View original post 550 more words

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s