Limiting Belief

Ada kisah tentang binatang gajah dewasa

yang hanya diikat seutas tali kecil di salah satu kakinya,

sudah cukup membuat gajah itu

tidak lari kemana-mana …

 

Kenapa begitu?

 

 

Tersebutlah ketika gajah itu kecil,

salah satu kakinya diikat rantai yang besar dan kuat

ditambatkan ke tiang besi yang kokoh tertanam di tanah.

Gajah kecil telah berulang kali mencoba lari,

tapi tak mampu melepaskan diri dari rantai yang kuat.

 

SeHingga ketika gajah dewasa,

selalu tertanam insting bahwa percuma melepaskan diri dari belenggu

karena akan sia-sia…

 

Ini adalah kisah tentang ‘Limiting Belief’.

 

Limiting belief seperti ini kadang dan bisa jadi

seringkali membatasi prestasi kita…

menunda keberhasilan kita

menghalangi sukses kita

 

misal:

 

saya ga bisa sukses karena saya tidak punya modal..

kehidupan sayalah yang paling sulit,

kehidupan saya paling berat ..

ga mungkin saya bisa sukses, semua keluarga saya ga ada mendukung saya…

saya …

saya …

saya …

 

Lalu bagaimana cara melepaskan diri dari ‘limiting belief’ ?

 

(to be continued)

 

*** inspirasi / dipetik dari sharing Pak Andi Gumai di acara Success Olympic di Jakarta , Mei 2015 ***

Leave a Reply

