Sugih Energy pasok gas dari Selat Panjang ke PLN untuk Siak mandiri penerangan

Petroselat Ltd, anak usaha PT Sugih Energy Tbk (SUGI) mendapatkan persetujuan Kementerian Energi & Sumber Daya Mineral untuk memasok gas bumi ke PT Perusahaan Listrik Negara selama lima (5) tahun. (Bisnis 8/10/14).

Gas bumi yang akan dijual berasal dari Wilayah Kerja Selat Panjang, volumenya sebanyak 2.5 billion british thermal unit per day (BBTUD) hingga 5 BBTUD.

Gas bumi akan digunakan untuk pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) di kabupaten Siak, provinsi Riau. Saat ini Generator PLN yang terpasang di Rawa Minyak Station Selat Panjang berkapasitas 14 megawatt (MW). Kapasitas tersebut akan ditingkatkan menjadi 25 MW dalam waktu dua tahun.

Mengenal Petroselat yang didirikan berdasarkan British Virgin Island

Kepulauan Virgin Britania Raya atau yang lebih dikenal sebagai British Virgin Islands oleh dunia internasional adalah sebuah wilayah luar negeri Britania Raya di kawasan Karibia, sebelah timur Jamaika. Britania mengambilalih kepemilikan kepulauan ini dari Kerajaan Belanda pada 1672. Christopher Columbus menamakan kepulauan ini “Virgin”.

Petroselat adalah anak usaha SUGI yang berdomisili di British Virgin Island, didirikan berdasarkan hukum British Virgin Island, pada Juli 2013 sebagai induk perusahaan SUGI mengakuisisi hak partisipasi (participating interest) sebesar 55%. Sedangkan 45 % dari hak partisipasi Petroselat Ltd. dimiliki oleh PetroChina International Selat Panjang Ltd.

PT Sugih Energy Tbk (SUGI) telah mengakuisisi keseluruhan saham yang dikeluarkan oleh PT Petronusa Bumibakti (PB) dan International Mineral Resourches Inc (IMR) dimana kedua perusahaan ini merupakan pemegang 55% dari partisipating interest Petroselat Ltd yang menjadi operator Selat Panjang PSC di Propinsi Riau. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, Senin (19/8/13). Disebutkan, perseroan telah melakukan transaksi terhadap kedua perusahaan tersebut pada 30 Juli 2013 lalu.

Selat Panjang PSC Block, Sumatra, Indonesia

Wilayah Kerja Selat Panjang terletak di wilayah timur provinsi Riau , Sumatera , Indonesia.

Petroselat menjadi operator di Selat Panjang.

Participation
Company (%)
Petroselat Ltd. 100%

 

Wilayah Kerja Selat Panjang memiliki luas 1.311 km2 dan terdiri dari dua zona utama , Sihapas dan Pematang. Sihapas telah di produksi sejak tahun 1994 dengan total rata-rata produksi tahunan 99.962 barel minyak. Sihapas memiliki cadangan tersisa sekitar 7.28 MMBO ( 2P ) . Selain itu, Pematang memiliki cadangan sekitar 32,7 MMBO dan 245 BCF ( 2P ).

Petroselat merencanakan untuk mencapai titik puncak produksi dari Blok Selat Panjang PSC pada periode produk 2018. Berdasarkan data yang tercantum pada POD, blok Selat Panjang PSC memiliki kandungan minyak 37,5 milion stock tank barrels of oil (MMSTB), dan kandungan gas 118,4 billions of standard cubic feet of gas.

Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Kabupaten Siak

PLTG merupakan suatu instalasi peralatan yang berfungsi untuk mengubah energi panas (hasil pembakaran bahan bakar dan udara) menjadi energi listrik yang bermanfaat.

Pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) merupakan sebuah pembangkit energi listrik yang menggunakan peralatan/mesin turbin gas sebagai penggerak generatornya. Turbin gas dirancang dan dibuat dengan prinsip kerja yang sederhana dimana energi panas yang dihasilkan dari proses pembakaran bahan bakar diubah menjadi energi mekanis dan selanjutnya diubah menjadi energi listrik.

Pada dasarnya, sistem PLTG ini memanfaatkan energi panas dari hasil pembakaran gas bumi untuk memanaskan air di HRSG (Heat Recovery Steam Generator), sehingga menjadi uap jenuh kering. Uap jenuh kering inilah yang akan digunakan untuk memutar sudu (baling-baling) turbin uap yang memutar rotor generator listrik.

Pembangunan PLTG Siak bisa dikatakan merupakan hasil upaya terobosan pemerintah kabupaten Siak kepada PLN Pusat dan kementrian BUMN agar kebutuhan listrik di kabupaten Siak bisa terpenuhi .

Saat ini jaringan PLN telah terpasang bahkan sampai di desa-desa dan hanya tinggal menunggu aliran energi listrik dari PLTG Siak yang September 2014 ini telah memasuki babak penyelesaian dan uji coba.

Petroselat dan PT PLN akan melakukan uji coba Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) berkapasitas 25 Megawatt yang berada di Kelurahan Sungai Rawa, Kecamatan Sungai Apit, Siak. Apabila uji coba ini berhasil dan PLTG dapat dioperasikan, maka Pemkab Siak akan mendapatkan 10 Mw daya listrik yang nantinya dialirkan ke tujuh kecamatan.

Dampak Positif

Direktur Sugih Energy Fachmi Zarkasi berharap pendapatan yang dihasilkan Petroselat dalam kontrak hingga 2019 tersebut bisa berdampak positif terhadap kinerja keuangan emiten berkode SUGI itu.

Mudah-mudahan proses realisasi lancar, SUGI mampu membuktikan diri sebagai emiten pertambangan yang berhasil melakukan pengembangan kegiatan eksplorasinya  dan berdampak positif  bagi SUGI.

Mudah-mudahan dengan pasokan gas bumi ke PLTG Siak ini masalah krisis listrik yang terjadi di wilayah Kabupaten Siak, nantinya bisa teratasi. Dan Kabupaten Siak bisa mandiri dalam bidang penerangan sehingga bisa meningkatkan perekonomian.

Daftar Pustaka:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s