Pembangunan pabrik kertas di Air Sugihan, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan – Indonesia

Prospek pasar pulp dan kertas dunia:

Pasar dunia pulp dan kertas selama ini didominasi oleh Negara-negara di Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada) dan Negara-negara di kawasan Scandinavia, seperti : Swedia, Finlandia dan Norwegia. Kelompok Negara-negara tersebut sering disebut sebagai NORSCAN (North America and Scandinavia).

Perkembangan IT yang sangat pesat akhir-akhir ini diperkirakan oleh banyak pihak sebelumnya akan berpengaruh terhadap demand kertas, karena penggunaan IT bersifat paperless. Namun kecenderungan yang terjadi akhir-akhir ini ternyata tidak demikian, permintaan kertas ternyata masih tetap mengalami pertumbuhan. Di pasar global permintaan kertas masih tumbuh rata-rata 2,17% per tahun, dimana untuk di Negara-negara berkembang pertumbuhannya sebesar rata-rata 4,1% per tahun dan di Negara-negara maju rata-rata 0,5% per tahun.

(Sumber: “Road Map Industri Kertas”, Direktorat Jenderal Industri Agro Dan Kimia – Departemen Perindustrian, Jakarta, 2009, http://agro.kemenperin.go.id/media/download/22. )

Nilai pasar pulp dunia tahun 2013 diproyeksi mencapai 177 juta ton, sementara konsumsi kertas dunia pada tahun 2013 diprediksi mencapai 142 juta ton. Bisa dikatakan, tiap tahun, pertumbuhan industri pulp dunia mencapai 15%–20%.

(Sumber: http://industri.kontan.co.id).

Profil pabrik kertas baru di Air Sugihan:

PT Oki Pulp & Paper Mills (OKI) saai ini sedang membangun pabrik kertas:

  • Lokasi pabrik: di Air Sugihan, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan – Indonesia
  • Total investasi pabrik: mencapai US$2,63 miliar. Kebutuhan dana investasi akan dipenuhi dari pinjaman bank China Development Bank (CDB) sekitar US$1,8 miliar, sedangkan sisanya sebesar US$839 miliar berasal dari setoran modal pemegang saham OKI.
  • Kapasitas produksi bubur kertas (pulp): sebesar 2 juta ton per tahun
  • Kapasitas produksi tisu: 500.000 ton per tahun
  • Direncanakan akan mulai beroperasi secara komersial pada kuartal kedua tahun 2016.
  • Mayoritas produksi pulp dan tisu Oki Pulp & Paper Mills akan diekspor.

Profil Kecamatan Air Sugihan:

Air Sugihan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia. ibukota kecamatan Air Sugihan berpusat di Desa Kerta Mukti.

  • Luas: 2.593,82 km²
  • Jumlah penduduk: 32.180 jiwa (2010)
  • Kepadatan: 12 jiwa/km²
  • Desa/kelurahan: 19

Penyediaan modal investasi untuk pembangunan pabrik:

PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk. (TKIM) melakukan peningkatan penyertaan modal pada anak usaha yang baru diakuisisi produsen kertas milik Grup Sinarmas itu, yakni PT Oki Pulp and Paper Mills (OKI).

PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk. (TKIM) akan menerbitkan sebanyak 1,33 miliar (50%) saham baru melalui mekanisme penawaran umum terbatas (PUT) II dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD).

Pemegang saham utama Tjiwi Kimia, yakni PT Purinusa Ekapersada (saat ini memiliki 59,61%), telah menyatakan komitmen untuk mengeksekusi hak HMETD.

Harga penawaran aksi rights issue itu dipatok sebesar Rp1.000,- per saham.

Dengan demikian, produsen kertas Grup Sinarmas itu ditargetkan memperoleh dana sebesar Rp1,33 triliun.

PT Sinarmas Sekuritas telah sepakat (masih menunggu persetujuan rapat umum pemegang saham/RUPS 26 Juni 2014) untuk bertindak sebagai pembeli siaga (standby buyer) maksimal 539,5 juta saham atau setara Rp539,5 miliar.

Dana hasil rights issue akan digunakan untuk menambah modal kepada usaha perseroan yang berbasis di Sumatra Selatan, yakni OKI guna mendukung proyek pembangunan pabrik baru.

References / read more:

Advertisements

5 responses to “Pembangunan pabrik kertas di Air Sugihan, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan – Indonesia

  1. Perkenalkan saya dari PT SBHM yg bergerak di bidang suplay bbm industri..jika perusahaan/colega bapak membutuhkan bbm industri bisa menghubungi 085266214426..kantor pusat di propinsi jambi

  2. Bagaimana untuk pendaftaran di pabrik kertas tersebut,,skill saya di bidang administrasi,5 tahun di divisi HRDGA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s