Informasi Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Perminyakan di Indonesia

Teknik Perminyakan

Teknik Perminyakan adalah salah satu jurusan di perguruan tinggi yang berfokus kepada tambang minyak, gas, dan panas bumi, meliputi kegiatan pengeboran, eksplorasi, distribusi dan ekonomi migas.

Teknik perminyakan sendiri mirip dengan Teknik pertambangan, perbedaan antara keduanya, Teknik Pertambangan mempelajari bagaimana menambang benda padat seperti logam, batubara atau bahan galian lainnya, sedangkan Teknik Perminyakan mempelajari bagaimana menambang fluida (cairan dan gas).

Teknik perminyakan juga mempelajari sistem yang berhubungan dengan bangunan rig lepas pantai yang sering digunakan dalam eksplorasi minyak lepas pantai dan juga teknologi pemanfaatan panas bumi sebagai sumber energi.

Spesialisasi teknik perminyakan antara lain : teknik pengeboran, teknik produksi, teknik reservoir, dan evaluasi informasi.

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Perminyakan

Di Indonesia, Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan ini adalah sebagai berikut:

  1. Institut Teknologi Bandung
  2. Universitas Trisakti
  3. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
  4. Universitas Islam Riau
  5. Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
  6. Sekolah Tinggi Teknologi Migas Balikpapan
  7. Akademi Minyak dan Gas (Akamigas) Balongan Indramayu
  8. Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB) Cikarang Bekasi

Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM “Akamigas”)

Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM “Akamigas”), ( http://www.akamigas.ac.id/stem/ ) Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM “Akamigas”) merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia. STEM melaksanakan pendidikan pada jalur pendidikan profesional Program Diploma I, II, III dan IV yang ditujukan pada keahlian di bidang minyak dan gas bumi serta panas bumi. Pendidikan STEM angkatan pertama diresmikan pada tanggal 7 Februari 1967 oleh Ibnu Sutowo.

Nama Sekolah Tinggi Mineral dan Energi (STME) Cepu ini diubah menjadi Sekolah Tinggi energi dan Mineral (STEM) berdasarkan Surat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 2518/70/SJN.P/2002 tanggal 24 Juli 2002 dan Surat Menteri Pendidikan Nasional Nomor 1909/D/T/2002 tanggal 10 September 2002. Perubahan status dari Akademi Minyak dan Gas Bumi (AKAMIGAS) menjadi Sekolah Tinggi Energi dan Mineral (STEM) dipertegas dengan adanya surat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 426/MPK.E/KL/2013 tanggal 16 Mei 2013.

References / Read More:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s