Kebutuhan Semen Secara Nasional 2014, Pangsa Pasar dan Pembangunan Pabrik Semen di Indonesia

picture-semen indonesia

Konsumsi Semen Domestik pada Semester-1 2012

Data Asosiasi Semen Indonesia (AS1) pada Semester-I tahun 2012 menyebutkan, total konsumsi semen di Tanah Air mencapai 25,89 juta ton, atau naik 15,1% dibandingkan periode yang sama tahun lalu 22,49 juta ton. Angka tersebut telah mencapai 48% dari target konsumsi di Tanah Air sebesar 54 juta ton.

(Seperti dilansir dari berita website kemenperin.go.id tertgl 19/7/12)

Pangsa Pasar (market share) Semen Domestik

2012

  • Grup Semen Gresik masih menjadi penguasa terbesar pasar semen di wilayah Indonesia, dengan pangsa pasar (market share) 39,74% pada semester I-2012. Perseroan melalui PT Semen Gresik Tbk, PT Semen Padang, dan PT Semen Tonasa, berhasil menjual 10,29 juta ton semen.
  • Penjualan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk sebanyak 8,55 juta ton di pasar dalam negeri, atau dengan penguasaan pangsa pasar 33% pada semester I-2012. Penjualannya naik 22% dibandingkan periode yang sama tahun lalu 7 juta ton.
  • PT Holcim Indonesia Tbk berhasil menjual 4,06 juta semen, atau naik 16,67% dan menguasai market share 15,69%.
  • Produsen semen lainnya, antara lain Bosowa dan Lafarge, menjual 2,98 juta ton di Tanah Air, atau menguasai pangsa pasar 11,53%.

(Seperti dilansir dari berita website kemenperin.go.id tertgl 19/7/12)

2013

Holding BUMN Grup Semen Indonesia  saat ini menguasai 44% pasar domestik (atau tepatnya 43,8%).

Kebutuhan Semen Secara Nasional 2014

Menteri Perindustrian M.S. Hidayat menyebutkan,

  • pada tahun 2012 kebutuhan semen nasional 54,9 juta ton,
  • tahun 2013 sebesar 58,5 juta ton atau meningkat 6 persen, dan
  • kebutuhan semen secara nasional akan meningkat 8 sampai 10 persen pada tahun 2014 atau sebesar 64 juta ton.

(Seperti dilansir dari berita website http://www.tempo.co tertgl 22/12/13)

Profil Perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR)

Perusahaan diresmikan di Gresik pada tanggal 7 Agustus 1957 oleh Presiden RI pertama dengan kapasitas terpasang 250.000 ton semen per tahun, dan di tahun 2013 kapasitas terpasang mencapai 30 juta ton/tahun.

Pada tanggal 8 Juli 1991 saham Perseroan tercatat di Bursa Efek Jakarta dan Bursa EfekSurabaya (kini menjadi Bursa Efek Indonesia) serta merupakan BUMN pertama yang go public dengan menjual 40 juta lembar saham kepada masyarakat.

Pada akhir Maret 2010, komposisi pemegang saham Perseroan (SMGR) berubah menjadi Pemerintah 51,0% dan publik 48,9%.

Tanggal 18 Desember 2012 adalah momentum bersejarah ketika Perseroan melakukan penandatanganan transaksi final akuisisi 70 persen saham Thang Long Cement, perusahaan semen terkemuka Vietnam yang memiliki kapasitas produksi 2,3 juta ton/tahun.

Pada tanggal 20 Desember 2012, melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Perseroan, resmi mengganti nama dari PT Semen Gresik (Persero) Tbk, menjadi PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Setelah memenuhi ketentuan hukum yang berlaku, pada tanggal 7 Januari 2013 ditetapkan sebagai hari lahir PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Semen Indonesia selaku holding company memiliki beberapa anak perusahaan afiliasi dan lembaga penunjang meliputi:

  • Anak perusahaan penghasil semen,
  • Anak perusahaan bukan penghasil semen,
  • Afiliasi, dan
  • Lembaga Penunjang

Anak perusahaan penghasil semen diantaranya:

  • Semen Padang
  • Semen Gresik
  • Semen Tonasa
  • Thang Long Cement Vietnam

Perseroan memproduksi berbagai jenis semen.

  • Ordinary Portland Cement (OPC), seperti misalnya SEMEN LPORTLAND TIPE I, merupakan semen hidrolis yang dipergunakan secara luas untuk konstruksi umum.
  • Semen utama (Non-OPC) , seperti misalnya semen Portland Tipe II-V.
  • Tipe khusus dan semen campur (mixed cement), untuk penggunaan yang terbatas.

Penambahan kapasitas produksi Semen Indonesia ditingkatkan melalui,

  • Ekpansi di sejumlah pabrik baru, antara lain di indarung VI Sumatra barat, Rembang (Jawa Tengah), dan
  • Strategi peningkatan kapasitas dari pabrik yang telah beroperasi.

Pada tahun 2014 ini, total kapasitas produksi Semen Indonesia mencapai 31,8 juta ton/tahun.

Penjualan perseroan mencapai 27,95 juta ton sepanjang 2013 , atau tumbuh 23,9% dibandingkan dengan realisasi 2012 sebanyak 22,5 juta ton. Dengan rincian penjualan Semen Gresik sebesar 13.64 juta ton, Semen Padang 7,27 juta ton, Semen Tonasa 6,33 juta ton dan TLCC 2,29 juta ton.

Direktur Utama PT Semen Indonesia Tbk, Dwi Soetjipto mengatakan, perseroan menargetkan penjualan semen mencapai 31 juta ton pada 2014. (sumber: http://m.liputan6.com)

Pabrik Semen Baru Tonasa V

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk mulai mengoperasikan pabrik semen baru Tonasa V dan pembangkit listrik milik PT Semen Tonasa, di kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (PANGKEP), Sulawesi Selatan,

Pabrik Semen Tonasa V ini,

  • Berkapasitas produksi 3 juta ton per tahun.
  • Ekpansi pabrik Tonasa V membuat kaasitas produksi Semen Tonasa menjadi 7 juta ton per tahun.
  • Dilengkapi dengan pembangkit listrik berkapasitas 2x35MW.
  • Diresmikan pongoperasiannya oleh Presiden RI Bapak Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu (19/2/14)
  • Dibangun dengan investasi Rp 3,5 triliun

(Direktur Utama Semen Indonesia Tbk. Dwi Soetjipto mengatakan pada harian Bisnis Indonesia pada 19/2/14).

Pada tahun 2013, pabrik Semen Tonasa berhasil membukukan

  • penjualan 5,53 juta ton,
  • tumbuh 20,7 % dibandingkan penjualan tahun 2012 sebanyak 4,58 ton.

Rencana pembangunan guna mendukung efisiensi logistik

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk juga berencana membangun unit pengantongan semen (UPS / packing plant) di

  • Maluku Utara,
  • Jayapura, dan
  • Gorontalo

guna mendukung efisiensi logistik pengiriman semen ke luar Sulsel.

Saat ini, UPS PT Semen Tonasa dengan total kapasitas 5,1 juta ton per tahun yang telah terpasang dan beroperasi total mencapai 8 unit di:

  • Biringkassi,
  • Makassar,
  • Palu,
  • Bitung,
  • Banjarmasin,
  • Samarinda,
  • Celukan Bawang (BALI), dan
  • Ambon

(Sekretaris Perusahaan Semen Tonasa Muhammad Arifin mengatakan pada harian Bisnis Indonesia pada 19/2/14).

Video “Together We Build A Better Future” (Courtessy of Semen Indonesia)

References / read more:

Advertisements

One response to “Kebutuhan Semen Secara Nasional 2014, Pangsa Pasar dan Pembangunan Pabrik Semen di Indonesia

  1. Bagi Anda yang berkecimpung di dunia konstruksi, cara memilih semen sebagai perekat bahan bangunan yang baik bukanlah perkara sulit. Lain halnya dengan orang awam yang tidak selalu berkaitan dengan semen, material bahan bangunan, atau alat konstruksi lainnya – sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s